Tips

5 Tips Agar Komputer Tetap Aman Dari Virus

Jika kita bicara tentang keamanan komputer, maka kita berbicara bagaimana mencegah virus komputer. Berikut 5 tips untuk menjaga keamanan komputer dari virus:

1. Gunakan AntiVirus

Tentu saja ini yang paling penting. Mau tidak mau anti virus berfungsi seperti sebuah penjaga yang akan mencegah berbagai macam virus. Jika dana kita terbatas, jangan gunakan antivirus bajakan, tapi gunakan antivirus gratis saja. Tidak kalah hebatnya dalam membasmi virus internet.

2. UPDATE!

Jangan lupa untuk selalu meng-update apapun demi keamanan komputer. Bukan hanya anti virus saja yang diupdate. SEMUANYA! Baik? Operating Systemnya, Software yang terinstall maupun driver. Tidak ada perangkat lunak atau software yang sempurna..pasti ada sebuah celah keamanan. Jangan percaya kepada programmer yang berkata “Software saya sepurna dalam keamanan komputer”

✅Read Also :  3 Tips Cerdas Cara Hemat Baterai Ponsel Pintar

Untuk menutup lubang keamanan itu kita harus rajin melakukan update dan update. Karena virus internet juga selalu update dan update.

3. Hati-hati saat browsing

Kebanyakan virus internet menyebar dari situs porno maupun warez (mp3 ilegal, software bajakan dsb). Jika tidak mau terkena virus lebih baik jangan kesana. Ini cara terbaik dalam mencegah virus komputer.

✅Read Also :  Cara Setting WIFI Pada Laptop & PC

Jika ada peringatan dari browser Anda, lebih baik acuhkan saja situs tersebut. Atau kadangkala saat berkunjung ke website semacam itu muncul kotak dialog yang isinya meminta untuk menginstall sesuatu, maka abaikan saja.

Berhati-hatilah karena biasanya situs semacam itu menggunakan permainan kata-kata seperti sedang memberikan hadiah kepada anda. Kenyataanya itu adalah sebuah virus internet yang dapat mengganggu keamanan komputer.

✅Read Also :  Tips Menghemat Baterai iPhone

4. Selalu scan file yang di download

Apapun file yang Anda download walaupun itu berasal dari website yang terpercaya seperti blog ini. Itu Harus tetap diSCAN pakai anti virus.

5. Hati-hati email

Salah satu penyebaran virus internet adalah melalui email. Apalagi jika mendapat email yang berisi file seperti EXE, VBS, BAT. Ditambah lagi jika dikirim oleh orang asing, maka bisa-bisa itu adalah virus internet atau permintaan mematikan komputer lalu reboot dan muncul pesan “Selamat Harddisk anda kapasitasnya bertambah”.

Show More
Back to top button