Tekno

Bagaimana Google Mencari Web dalam Setengah Detik

Hanya membutuhkan waktu setengah detik untuk Google dalam mengembalikan hasil pencarian berdasarkan kata kunci yang Anda ketik,

tapi ada lebih banyak hal yang terjadi di belakang layar untuk memberikan hasil pencarian yang Anda butuhkan.

Google meluncurkan sebuah video yang memberikan penjelasan bagaimana mesin pencari besar tersebut bekerja.

Matt Cutts, insinyur perangkat lunak dan kepala tim spam web Google, menjelaskan dalam sebuah video YouTube

bagaimana mesin pencari raksasa melakukan pencarian web secara menyeluruh setiap hari untuk memberikan hasil yang paling terbaru kepada para pengguna.

“Ada tiga hal yang perlu Anda lakukan untuk menjadi mesin pencari terbaik di dunia. Pertama, Anda perlu untuk menjelajah web secara komprehensif dan mendalam, lalu Anda ingin peringkat atau kembali memberikan halaman pertama yang paling relevan,” kata Cutts.

✅Read Also :  Teknologi Kasur Pintar, Apa Saja Manfaatnya?

Meskipun Google menyisiri web setiap hari, itu tidak selalu terjadi.

“Kami menggunakan untuk menjelajah selama 30 hari dan kemudian indeks untuk sekitar seminggu dan mendorong bahwa data keluar – dan itu akan memakan waktu sekitar satu minggu,” kata Cutts.

“Kadang-kadang Anda akan memasukkan sebuah pusat data dengan data baru dan kadang-kadang Anda akan memasukkan sebuah pusat data dengan data lama.”

✅Read Also :  Menajamkan Foto Dengan Filter High Pass

Namun metode ini tidak dioptimalkan karena banyak informasi akan menjadi kadaluwarsa. Pada tahun 2003, Google beralih dengan menjelajahi setiap web setiap hari untuk konten baru, lalu secara bertahap memperbarui indeksnya.

Untuk melakukannya, pagerank merupakan faktor penentu utama mengenai seberapa besar kemungkinan Anda untuk melihat sebuah link:

“Kami pada dasarnya mengambil peringkat halaman sebagai penentu utama dan peringkat halaman yang Anda miliki – yaitu, semakin banyak orang yang memiliki link ke Anda – maka semakin besar kemungkinan bahwa kita akan menemukan halaman Anda relatif lebih awal,” kata Cutts.

✅Read Also :  Cara Menambah RAM Android Tanpa Root Untuk Semua Tipe Hp

Menemukan keseimbangan yang tepat antar kata, reputasi kedekatan halaman dan link yang menunjuk ke web itu adalah kuncinya.

Google kemudian mengirimkan permintaan keluar ke ratusan mesin yang berbeda sekaligus, yang melihat melalui fraksi mereka dari web yang telah diindeks untuk menemukan yang paling cocok.

“Kami mengambil halaman tersebut dan kami mencoba untuk menunjukkan dengan sebuah potongan yang berguna, jadi kami menunjukkan kata kunci dalam konteks dokumen dan mendapatkan semuanya kembali di bawah setengah detik,” jata Cutts.

Show More
Back to top button