Cara

Tutorial Lengkap Cara Download Video Instagram Dengan Aplikasi

Cara Download Video Instagram – Halo semua! Apakah kamu pernah menemukan video keren di Instagram dan ingin menyimpannya untuk ditonton nanti? Sayangnya, platform ini tidak menyediakan opsi unduh secara langsung.

Tapi jangan khawatir! Artikel ini akan memberikan panduan lengkap tentang cara download video Instagram dengan mudah dan cepat.

Kami akan membahas berbagai metode yang bisa kamu gunakan, dari aplikasi khusus hingga trik terbaru yang bisa membantu kamu menyimpan video favoritmu. Yuk, simak selengkapnya!

Instagram telah menjadi salah satu platform media sosial paling populer di dunia, memungkinkan pengguna untuk berbagi momen berharga melalui foto dan video.

Namun, kadang-kadang kita menemukan video yang sangat menarik dan ingin menyimpannya untuk keperluan pribadi atau berbagi dengan teman-teman.

Sayangnya, Instagram sendiri tidak menyediakan opsi resmi untuk mengunduh video. Tetapi jangan khawatir, karena kita punya solusinya!

Langkah-langkah Cara Download Video Instagram

Ada banyak alasan mengapa seseorang ingin mengunduh video dari Instagram. Misalnya, mungkin Anda menemukan video tutorial yang berguna dan ingin menyimpannya sebagai referensi untuk belajar di masa depan.

Atau mungkin ada video lucu atau menginspirasi yang ingin Anda tonton kembali kapan saja. Dengan mengunduh video Instagram, Anda dapat mengaksesnya secara offline dan menghemat kuota internet.

Ada beberapa cara untuk mengunduh video di Instagram, baik melalui aplikasi pihak ketiga, situs web pengunduh video, perangkat seluler, atau perangkat komputer. Berikut adalah panduan langkah demi langkah untuk setiap metode:

1. Metode Manual dengan Link

Jika kamu ingin menyimpan video Instagram tanpa menginstall aplikasi tambahan, ada metode manual yang bisa kamu coba. Caranya cukup sederhana:

  1. Buka Aplikasi Instagram – Pastikan kamu sudah memiliki aplikasi Instagram terinstall di perangkatmu. Buka aplikasi tersebut dan temukan video yang ingin kamu download.
  2. Buka Video – Ketuk video yang ingin kamu simpan untuk memainkannya. Setelah video terbuka, kamu akan melihat tiga titik di bagian kanan bawah.
  3. Salin Tautan – Ketuk tiga titik dan pilih opsi “Salin Tautan” dari menu yang muncul.
  4. Buka Browser – Keluar dari aplikasi Instagram dan buka browser favoritmu.
  5. Buka Situs Download – Di browser, buka situs web penyedia layanan download video Instagram. Banyak situs yang menawarkan layanan ini, jadi pastikan memilih yang tepercaya dan aman.
  6. Tempel Tautan – Di situs web tersebut, temukan kolom input untuk URL dan tempelkan tautan video Instagram yang sudah kamu salin sebelumnya.
  7. Download Video – Setelah menempelkan tautan, klik tombol “Download” atau “Unduh” yang biasanya terletak di bawah kolom input. Video akan mulai diunduh ke perangkatmu.

Catatan: Metode manual ini bisa berhasil, tetapi tergantung pada kebijakan situs dan platform Instagram. Beberapa situs mungkin tidak lagi berfungsi karena perubahan aturan dari Instagram.

2. Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Jika kamu lebih suka menggunakan aplikasi untuk download video Instagram, ada beberapa pilihan aplikasi pihak ketiga yang dapat membantu kamu. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Pilih Aplikasi Terpercaya – Kunjungi toko aplikasi di perangkatmu dan cari aplikasi download video Instagram yang populer dan memiliki ulasan bagus. Pastikan untuk membaca ulasan pengguna sebelum mengunduh.
  2. Install Aplikasi – Setelah memilih aplikasi yang tepat, instal aplikasi tersebut di perangkatmu.
  3. Buka Aplikasi Instagram – Setelah aplikasi terpasang, buka kembali aplikasi Instagram.
  4. Salin Tautan Video – Temukan video yang ingin kamu unduh, lalu ketuk tiga titik di bagian kanan bawah dan pilih “Salin Tautan.”
  5. Unduh Video – Buka aplikasi download video Instagram yang sudah terpasang, dan biasanya, aplikasi ini akan mendeteksi tautan yang kamu salin. Tekan tombol “Download” untuk memulai proses pengunduhan.
✅Baca Juga :  Cara Download Video di Facebook Lite Dengan Metode Termudah

Catatan: Beberapa aplikasi mungkin memiliki iklan atau pembatasan dalam versi gratisnya. Jika kamu ingin pengalaman tanpa gangguan, pertimbangkan untuk meng-upgrade ke versi berbayar.

3. Gunakan Aplikasi Online

Selain aplikasi pihak ketiga, ada juga aplikasi online yang bisa digunakan untuk download video Instagram. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Cari Situs Download Online – Buka browser dan cari situs web yang menyediakan layanan download video Instagram secara online. Pastikan untuk memilih situs yang aman dan terpercaya.
  2. Buka Aplikasi Instagram – Kembali ke aplikasi Instagram dan temukan video yang ingin kamu download.
  3. Salin Tautan Video – Ketuk tiga titik di bagian kanan bawah video dan pilih opsi “Salin Tautan.”
  4. Tempelkan Tautan – Di situs download online, temukan kolom input untuk URL dan tempelkan tautan video Instagram yang sudah kamu salin.
  5. Unduh Video – Klik tombol “Download” atau “Unduh” di situs tersebut untuk memulai proses pengunduhan video.

Catatan: Beberapa situs online mungkin memiliki batasan pada ukuran file atau jumlah pengunduhan per hari. Pastikan kamu membaca syarat dan ketentuan sebelum mengunduh video.

4. Gunakan Aplikasi Screen Recorder

Metode selanjutnya adalah menggunakan aplikasi screen recorder di perangkatmu. Dengan cara ini, kamu bisa merekam video Instagram yang ingin kamu simpan. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Install Aplikasi Screen Recorder – Kunjungi toko aplikasi di perangkatmu dan cari aplikasi screen recorder yang kompatibel dengan perangkatmu.
  2. Buka Aplikasi Instagram – Setelah menginstal aplikasi screen recorder, buka kembali aplikasi Instagram.
  3. Persiapkan Perekaman – Atur aplikasi screen recorder agar siap merekam layar perangkatmu.
  4. Putar Video Instagram – Temukan video yang ingin kamu download dan putar video tersebut.
  5. Mulai Perekaman – Aktifkan aplikasi screen recorder dan mulai perekaman.
  6. Hentikan Perekaman – Setelah selesai merekam video, hentikan perekaman dengan menekan tombol yang sesuai.
  7. Simpan Video – Video yang sudah direkam akan otomatis tersimpan di perangkatmu.

Catatan: Kualitas video yang direkam bisa dipengaruhi oleh kualitas aplikasi screen recorder yang kamu gunakan.

5. Gunakan Fitur Unduh dari Instagram

Instagram juga menyediakan fitur bawaan untuk mengunduh video yang kamu unggah sendiri. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Buka Profil – Buka aplikasi Instagram dan buka profilmu.
  2. Buka Postingan – Temukan postingan yang berisi video yang ingin kamu download.
  3. Klik Tiga Titik – Di pojok kanan atas postingan, klik tiga titik.
  4. Pilih Unduh – Pilih opsi “Unduh” dari menu yang muncul. Video akan mulai diunduh ke galeri perangkatmu.

Catatan: Fitur ini hanya berlaku untuk video yang kamu unggah sendiri. Jika kamu ingin mendownload video dari pengguna lain, kamu harus menggunakan metode lain yang sudah disebutkan sebelumnya.

✅Baca Juga :  Cara Download YouTube Go Agar Hasil Terbaik Ikuti Langkah Ini

6. Perhatikan Hak Cipta dan Etika Pengunduhan

Sebelum kamu mulai download video Instagram, penting untuk memperhatikan hak cipta dan etika pengunduhan. Berikut adalah beberapa hal yang perlu diingat:

  1. Hak Cipta – Pastikan video yang ingin kamu download tidak dilindungi oleh hak cipta. Jangan mengunduh video tanpa izin dari pemilik konten, karena itu melanggar hak cipta.
  2. Gunakan untuk Kepentingan Pribadi – Sebaiknya gunakan video yang sudah diunduh hanya untuk kepentingan pribadi dan hindari redistribusi tanpa izin.
  3. Hormati Privasi – Jangan download video pribadi milik orang lain tanpa izin mereka. Hormati privasi dan hak privasi pengguna lain di platform ini.

7. Tips Terbaru untuk Download Video Instagram

Selain metode-metode sebelumnya, berikut adalah beberapa tips terbaru yang bisa membantu kamu saat download video Instagram:

  1. Instal Aplikasi Terpercaya – Pastikan selalu menginstal aplikasi download video Instagram yang tepercaya dan memiliki ulasan baik.
  2. Perbarui Aplikasi – Jika kamu menggunakan aplikasi, pastikan selalu memperbarui ke versi terbaru untuk mendapatkan fitur dan perbaikan keamanan terbaru.
  3. Gunakan WiFi – Jika memungkinkan, gunakan jaringan WiFi ketika mendownload video Instagram. Ini akan memastikan kecepatan dan kualitas unduhan yang lebih baik.
  4. Jaga Ruang Penyimpanan – Periksa ruang penyimpanan di perangkatmu sebelum mengunduh video. Pastikan masih cukup untuk menyimpan file besar.
  5. Pilih Resolusi yang Sesuai – Beberapa aplikasi atau situs download memungkinkan kamu untuk memilih resolusi video. Pilih resolusi yang sesuai dengan kebutuhanmu.

Penutup

Sekarang kamu sudah memiliki berbagai cara untuk download video Instagram dengan mudah. Ingat, penting untuk tetap memperhatikan hak cipta dan etika pengunduhan saat menggunakan konten dari platform ini. Pilihlah metode yang paling sesuai dengan kebutuhan dan preferensimu. Selamat mencoba dan selamat menikmati video kesukaanmu!

FAQs Cara Download Video Instagram

1. Apakah aman menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk download video Instagram?

Ya, asalkan kamu mengunduh aplikasi dari sumber terpercaya dan membaca ulasan pengguna sebelum menginstalnya. Pastikan untuk tidak memberikan informasi pribadi atau izin akses yang tidak perlu.

2. Mengapa tidak bisa mendownload video dari beberapa akun Instagram?

Beberapa pengguna mungkin telah mengatur akun mereka sebagai akun pribadi, yang membuat video mereka tidak dapat diunduh oleh pengguna lain.

3. Apakah saya harus membayar untuk menggunakan aplikasi download video Instagram?

Tidak semua aplikasi memerlukan pembayaran. Banyak aplikasi yang menawarkan versi gratis dengan fitur dasar, tetapi ada juga versi berbayar dengan fitur tambahan.

4. Bagaimana cara mengatasi masalah jika aplikasi atau situs download tidak berfungsi?

Cobalah metode lain atau cari aplikasi atau situs web alternatif yang bisa digunakan untuk download video Instagram.

5. Bisakah saya menggunakan video yang sudah diunduh untuk konten YouTube atau platform lain?

Tidak, kecuali kamu memiliki izin resmi dari pemilik video atau hak cipta yang sah. Penggunaan video tanpa izin dapat melanggar hukum dan berakibat hukuman hukum.

Related Articles