Tips

Cara Mengatasi Ponsel Yang Kemasukan Air

Mungkin Anda pernah mengalami kejadian ketika ponsel favorit Anda tenggelam di dasar bak mandi, pantai atau bahkan tak sengaja nyemplung ke toilet.

Jika Anda menyelamatkan dengan cepat handset Anda, masih ada kemungkinan ponsel tersebut bisa berfungsi lagi.

Tapi jika tidak ? Jangan khawatir simak tips berikut ini untuk mengatasi ponsel yang kemasukan air :

Tips Atasi Ponsel Kemasukan Air

1. Segera lepas baterai (sumber tenaganya) secepatnya. Jika ponsel Anda masih dalam keadaan online, jangan ragu untuk segera mematikannya.

Jika baterai tidak bisa dengan mudah dilepaskan, setidaknya segera matikan secepat mungkin. Keluarkan SIM card-nya juga.

✅Read Also :  Seperti Ini Seharusnya! Memaksimalkan Kamera iPhone

2. Jika baterai telah berhasil dilepas, lanjutkan dengan melepas bagian-bagian ponselnya, lakukan dengan hati-hati dan sebisa Anda.

Lepaskan pelindung plastiknya, kalau ada yang memakai sekrup gunakan obeng yang dipakai kacamata untuk membukanya. Coba lihat di balik stiker jika ada sekrup yang tidak terlihat.

3. Bila ponsel Anda tercelup di air asin atau berklorin, cepat dicuci karena air asin maupun klorin dapat menyebabkan konsleting dan karat daripada air bersih.

Gunakan cairan pembersih rangkaian elektronika untuk mencuci dalamnya. Sebagai alternatif, Anda bisa menggunakan alkohol.

4. Kemudian angin-anginkan ponsel selama beberapa jam di jendela yang terkena sinar matahari atau daerah hangat lainnya.

✅Read Also :  Tips Bila Komputer Gagal Masuk ke Windows

Jangan gunakan hair dryer, karena panas yang berlebihan dapat menyebabkan kerusakan yang lebih parah.

Kemudian masukkan ponsel ke dalam mangkuk atau kantung plastik yang berisi penuh beras yang belum dimasak.

Tutup mangkuk rapat-rapat dengan bungkus plastik atau jika menggunakan kantung plastik pastikan itu bisa dibuka tutup. Beras akan menyerap kelembaban dan membantu proses penguapan.

Hindari sinar matahari langsung untuk mencegah terjadinya pengembunan. Biarkan ponsel dalam keadaan tertutup itu setidaknya beberapa hari. Jika benar-benar perlu menelpon, gunakan SIM card ke handset lain.

✅Read Also :  Mau Instal Custom ROM Android ? Perhatikan 5 Hal Ini

5. Angkat ponsel dari mangkuk atau kantung plastik.

Gunakan kaleng yang berisi udara terkompresi untuk secara lembut meniup debu peninggalan dari beras. Tekan tombolnya dalam beberapa rangkaian tiupan yang yang cepat, jangan terus menekannya. Pasang kembali ponsel dan Sim Card. Kemudian coba hidupkan.

6. Jika ponsel tidak mau hidup, kemungkinan Anda kurang beruntung.

SIM card masih menyimpan contact Anda dan bisa Anda pindah ke ponsel yang baru. Atau coba bawa ponsel rusak Anda itu ke teknisi, kemungkinan contact masih bisa diselamatkan

Selamat mencoba!

Show More
Back to top button