Cara

Cara Mudah Mengecek BPJS Kesehatan Dengan Nik Melalui HP

cara mengecek bpjs kesehatan dengan nik – Dalam era digital ini, BPJS Kesehatan telah menyediakan kemudahan bagi para pesertanya untuk memeriksa status keaktifan BPJS Kesehatan melalui ponsel.

Proses pemeriksaan status ini dapat dilakukan dengan cepat dan praktis, serta memungkinkan peserta untuk mengakses informasi tersebut di mana saja.

Tidak perlu lagi repot datang ke kantor cabang atau mengantri hanya untuk memeriksa status keanggotaan BPJS Kesehatan.

Melalui layanan yang telah disediakan oleh BPJS Kesehatan, para peserta dapat dengan mudah melakukan pemeriksaan status kepesertaan dengan menggunakan Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang tertera di Kartu Tanda Penduduk (KTP) mereka.

Tiga Cara Mudah Cara Mengecek BPJS Kesehatan Dengan Nik

BPJS Kesehatan telah menyiapkan tiga cara yang berbeda untuk memeriksa status keanggotaan peserta dengan menggunakan NIK. Berikut adalah tiga cara tersebut:

Aplikasi Mobile JKN

Salah satu cara untuk memeriksa status BPJS Kesehatan adalah melalui aplikasi Mobile JKN. Peserta dapat mengunduh Aplikasi ini melalui App Store atau Google Play Store.

Setelah mengunduh, peserta perlu melakukan registrasi akun.

Setelah akun terdaftar, peserta dapat login ke akun BPJS Kesehatan mereka dan memeriksa status kepesertaannya.

Selain itu, aplikasi Mobile JKN juga memiliki fitur lain seperti pengecekan tagihan BPJS dan informasi fasilitas kesehatan (faskes) terdekat.

Berikut adalah langkah-langkah untuk memeriksa status BPJS Kesehatan melalui aplikasi Mobile JKN:

    • Buka aplikasi Mobile JKN.
    • Masuk menggunakan NIK atau nomor BPJS Kesehatan serta password yang telah terdaftar.
    • Isi kode captcha sesuai permintaan.
    • Pilih menu ‘Info Peserta’.
    • BPJS Kesehatan akan memberikan informasi mengenai status keanggotaan, apakah aktif atau tidak.

Care Center 165

Selain melalui aplikasi Mobile JKN, peserta juga memiliki opsi untuk memeriksa status kepesertaan melalui panggilan Care Center 165 menggunakan ponsel. Namun sebelumnya, pastikan terdapat pulsa yang cukup sebelum melakukan panggilan.

✅Baca Juga :  Cara Mengecek Tagihan Listrik - Panduan Lengkap dan Praktis

Berikut adalah langkah-langkah untuk memeriksa status BPJS Kesehatan melalui Care Center 165:

    • Telepon Care Center 165.
    • Pilih opsi layanan.
    • Pilih layanan status kepesertaan.
    • Masukkan nomor BPJS Kesehatan atau NIK.
    • Masukkan tanggal lahir peserta.
    • BPJS Kesehatan akan memberikan informasi mengenai status keanggotaan, apakah aktif atau tidak.

Layanan Chat Assistant JKN alias Chika

Bagi peserta yang lebih nyaman dengan layanan pesan instan, BPJS Kesehatan juga menyediakan layanan Chat Assistant JKN yang dikenal dengan nama “Chika”.

Layanan ini dapat diakses melalui WhatsApp dengan nomor 0811-8750-400, Telegram di @Chika_BPJSKesehatan_bot, dan juga melalui Facebook Messenger di akun Facebook/BPJSKesehatanRI.

Berikut adalah langkah-langkah untuk memeriksa status BPJS Kesehatan melalui layanan Chika:

    • Mulai percakapan dengan Chika melalui layanan yang dipilih (WhatsApp, Telegram, atau Facebook Messenger).
    • Pilih menu ‘Cek Status Peserta’.
    • Masukkan nomor BPJS Kesehatan atau NIK.
    • Masukkan tanggal lahir.
    • BPJS Kesehatan akan memberikan informasi mengenai status keanggotaan, apakah aktif atau tidak.

Kesimpulan

Dalam era digital ini, memeriksa status keanggotaan BPJS Kesehatan tidak lagi memerlukan kunjungan fisik ke kantor cabang atau antrian yang panjang.

Dengan tiga opsi yang di sediakan, yaitu melalui aplikasi Mobile JKN, Care Center 165, dan layanan Chat Assistant JKN “Chika”, peserta dapat dengan mudah memeriksa status kepesertaan mereka dengan cepat dan praktis.

Nikmati kenyamanan dan kemudahan akses informasi mengenai status BPJS Kesehatan Anda, kapan saja dan di mana saja. Jangan ragu untuk mencoba salah satu cara yang paling sesuai dengan preferensi Anda.

Dengan begitu, Anda akan lebih mudah dan efisien dalam menjaga kesehatan dan manfaatkan layanan BPJS Kesehatan dengan lebih baik.

F.A.Q.’s

Berikut adalah beberapa pertanyaan umum yang sering di ajukan tentang cara memeriksa status BPJS Kesehatan melalui ponsel:

✅Baca Juga :  Cek No BPJS Kesehatan Langkah Termudahnya Seperti Ini

1. Bagaimana Cara Memeriksa Status BPJS Kesehatan Melalui Hp?

Anda dapat memeriksa status keaktifan BPJS Kesehatan dengan menggunakan Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang tertera di Kartu Tanda Penduduk (KTP) melalui beberapa cara, seperti aplikasi Mobile JKN, Care Center 165, atau layanan Chat Assistant JKN “Chika”.

2. Apa Itu Aplikasi Mobile JKN?

Aplikasi Mobile JKN adalah aplikasi yang di sediakan oleh BPJS Kesehatan yang memungkinkan peserta untuk memeriksa status keanggotaan, cek tagihan, dan informasi lainnya terkait BPJS Kesehatan. Anda dapat mengunduh aplikasi ini melalui App Store atau Google Play Store, lalu melakukan registrasi akun dan login untuk memeriksa status kepesertaan Anda.

3. Bagaimana Cara Menggunakan Care Center 165 untuk Memeriksa Status?

Anda dapat menggunakan Care Center 165 dengan cara melakukan panggilan telepon dan memilih opsi layanan status kepesertaan. Kemudian, masukkan nomor BPJS Kesehatan atau NIK serta tanggal lahir peserta. Setelah itu, Anda akan mendapatkan informasi mengenai status keanggotaan BPJS Kesehatan, apakah aktif atau tidak.

4. Apa Itu Layanan Chat Assistant JKN alias Chika?

Chika adalah layanan Chat Assistant JKN yang di sediakan oleh BPJS Kesehatan melalui platform WhatsApp, Telegram, dan Facebook Messenger. Anda dapat menggunakan layanan ini dengan memulai percakapan dengan Chika, lalu pilih menu “Cek Status Peserta” dan masukkan nomor BPJS Kesehatan atau NIK serta tanggal lahir. Chika akan memberikan informasi mengenai status keanggotaan Anda.

5. Apakah Pemeriksaan Status BPJS Kesehatan Melalui Hp Berbayar?

Tidak, pemeriksaan status BPJS Kesehatan melalui hp tidak di kenakan biaya. Semua layanan yang di sediakan oleh BPJS Kesehatan untuk memeriksa status keanggotaan, seperti aplikasi Mobile JKN, Care Center 165, dan layanan Chat Assistant JKN “Chika”, tidak memiliki biaya tambahan.

 

Related Articles