Tekno

Mengenal Teleskop Hubble Penemu Galaksi Tertua

Gambar dari beberapa galaksi yang paling jauh di alam semesta telah berhasil diambil oleh Teleskop luar angkasa Hubble menggunakan fotografi infra-merah.

Kamera khusus yang dipasang oleh astronot pada bulan Mei, dan Hubble menangkap beberapa ribu galaksi yang belum pernah dilihat sebelumnya.

Mereka adalah kelompok bintang tertua yang pernah diamati dengan cahaya mereka dapat diketahui awal perjalanan mereka ketika alam semesta itu hanya empat persen dari usianya sekarang yang 14 miliar tahun.

Mereka terbentuk hanya 600 juta tahun setelah Big Bang, yang membawa kosmos ke dalam keberadaan 14 miliar tahun lalu membuat galaksi 13.4 miliar tahun. Setiap tahun cahaya adalah sekitar enam triliun mil.

✅Read Also :  Mengenal Technopreneur Profesi Menjanjikan Masa Depan

Alam semesta terus mengembang sehingga jarak antar galaksi telah bergeser dan semakin menjauh satu sama lain,

terlihat panjang gelombang inframerah yang tidak dapat dideteksi oleh mata telanjang namun, mereka dapat ditangkap oleh kamera baru yang sangat sensitif pada Teleskop Ruang Angkasa Hubble.

Kumpulan galaksi dengan jarak terjauh yang pernah diiambil oleh teleskop Hubble, rata-rata galaksi ini terberntuk 600 juta tahun dari kejadian Big Bang

Gambar komposit ini dibangun dari eksposur yang terpisah lebih dari 48 jam. Tiga penyaring yang digunakan untuk sampel luas rentang panjang gelombang inframerah dalam waktu dekat dan ditugaskan warna biru, hijau dan merah.

✅Read Also :  Maksimalkan Ponselmu Dengan Cara Ini

Objek merah samar yang ada di gambar adalah sekitar satu billionth terangnya dapat dilihat dengan mata dan juga terjauh.

Astronom Inggris membantu untuk menganalisa gambar inframerah, yang termasuk wilayah langit yang disebut Hubble Ultra Deep Field.

Dr Daniel Stark, dari Institut Astronomi di Cambridge, berkata: ‘Hubble kini telah kembali mengunjungi Ultra Deep Field yang kita pelajari pertama lima tahun lalu, mengambil gambar inframerah yang lebih sensitif daripada apa yang diperoleh sebelumnya.

✅Read Also :  Ternyata Di Sini! Tenaga Surya Terbesar Di Dunia

Sekarang kita bisa melihat lebih jauh ke masa lalu, mengidentifikasi galaksi ketika alam semesta itu hanya 5 persen dari usia saat ini – dalam satu miliar tahun dari Big Bang. ”

Teleskop Hubble, memiliki sensivitas tinggi terhadap objek dan cahaya

Pengganti teleskop Hubble, James Webb Telescope, pada tahun 2014, akan mempelajari galaksi bahkan lebih detail lagi. Hubble adalah sebuah proyek kerja sama antara NASA dan European Space Agency.-

Show More
Back to top button