Tips

Teknik Memotret Dengan Window Lighting

Bagaimana cara mendapatkan hasil foto sempurna di dalam ruangan tanpa menggunakan flash.

Dalam kasus ini ada seorang model yang ingin difoto dengan konsep indoor, tetapi hanya memiliki kamera Canon 550D dan lensa Tamron 70-300mm.

Simak cara selengkapnya.

Teknik memotret di dalam ruangan tanpa menggunakan flash disebut “Window Lighting”. Sesuai namanya, sumber cahayanya hanya berasal dari jendela. Jika dikerjakan dengan cermat, teknik ini dapat menghasilkan foto yang sangat natural.

✅Read Also :  Tips Menghindari Mati Gaya Saat Foto Bersama Keluarga

Agar hasilnya optimal, ada beberapa langkah yang harus dikerjakan. Ubah mode eksposur kamera ke Speed Priority, lalu tentukan sebagai berikut:

1. Shutter Speed : Untuk mengantisipasi kamera dan atau orangnya yang goyang, gunakan speed minimal 1/30 detik bila menggunakan tripod, atau 1/100 detik jika handheld.

2. Diafragma : Gunakan diafragma besar (angka kecil misalnya f/4 – f/5.6) untuk menghasilkan skintones lebih lembut.

✅Read Also :  5 Aplikasi Photo Editor Untuk Smartphone

3. ISO : Jika kondisi terlalu gelap atau speed tidak terkejar, naikkan ISO. Ketahui juga, bahwa ISO terlalu tinggi berpotensi memunculkan noise.

Tips untuk pemotretan dengan window lighting:

– Lighting : Manfaatkan sinar dari jendela, atur posisi model agar cahaya datang dari samping sehingga gambar lebih berdimensi.

– Reflektor : Gunakan styrofoam atau sesuatu yang berwarna putih sebagai reflektor untuk memantulkan cahaya ke bagian shadow yang terlalu gelap.

✅Read Also :  Menakar Settingan Camera Canon Diafragma & ISO

– Editing : Yang tak kalah penting, maksimalkan hasil pemotretan dengan program Photo Editor, misalnya Photoshop, Photoshop Lightroom atau software bawaan dari kamera.

Show More
Back to top button