Tips

Tips Memperbaiki Hard Disk Rusak

Hard disk merupakan media penyimpan yang biasanya digunakan untuk menyimpan data dalam kapasitas yang cukup besar.

Berikut beberapa tips untuk memperbaiki hard disk yang bermasalah atau rusak :

1. Tips mengatasi masalah pada Hard Drive

Jika masalah pada monitor komputer, tetapi tidak ada suara gesekan dari hard disk, maka masalah tersebut dapat diselesaikan dengan menggunakan program aplikasi. Tetapi jika suaranya berasal dari hard drive, ini pertanda bahwa hardware mengalami masalah serius dan sebaiknya diperbaiki oleh teknisi profesional.

✅Read Also :  Tips Bila Komputer Gagal Masuk ke Windows

2. Tips mengatasi Bad Sector

Jika hard disk Anda tidak mengeluarkan suara, tetapi ada beberapa kesalahan muncul di layar, Anda dapat mencoba menyelesaikan masalah dengan memperbaiki bad sector.

Untuk memperbaiki bad sector, buka ‘My Computer’ >> klik kanan pada drive yang akan diperbaiki >> pilih ‘Properties’, >> pilih ‘Tools’. Kemudian pilih ‘Check Now’. Sebuah jendela akan muncul dan Anda dapat men-centang kedua kotak yang ada. Selanjutnya klik ‘Mulai’ untuk memulai proses.

✅Read Also :  Tipsnya Agar Google Chrome Ngebut

3. Tips memperbaiki Hard Drive yang rusak

Jika Anda ingin memperbaiki hard disk yang telah rusak, Anda perlu menggunakan program aplikasi tertentu untuk menyingkirkan semua data dan mengosongkan disk yang rusak. Hard disk download aplikasi utility untuk sebuah floppy disk dari PC lain. Masukkan floppy di komputer dan nyalakan komputer. Setelah BIOS, utility akan mulai bekerja. Ikuti petunjuk yang ada di layar untuk menghapus semua data yang korup dan membuat hard drive menjadi kosong. Sekarang Anda dapat menggunakan hard disk yang baru.

✅Read Also :  Seperti Ini Seharusnya! Memaksimalkan Kamera iPhone

Untuk keamanan data Anda, sebaiknya hard disk yang ada di backup secara berkala.

Show More
Back to top button