Toyota

Spesifikasi Mobil Toyota Calya

Spesifikasi Toyota Calya By Otomax One

nama calya sekarang ini sudah tidak asing lagi, sebagai salah satu mobil kelas LCGC 7 kursi yang sukses di pasaran dan saat ini kembali menunjukan jati diri terbarunya dengan tampil semakin elegan dan meninggalkan kesan mobil murah, tentunya di imbangi dengan beberapa tambahan fitur menarik dan teknologi yang terus di upgrade lebih baik

inovasi teknologi terbaru yang sengaja dibuat untuk memenuhi kebutuhan masyrakat akan kebutuhan mobil dengan tingkat kepraktisan tinggi, serta pastinya dengan harga yang tidaklah terlalu mahal.

dalam perkembangannya Toyota dengan mobil garapan terbarunya, yang diberikan julukan nama Calya, dimana nama tersebut kalau kita telah lebih jauh, dan mengikuti informasi terkini, dikatakan nama tersebut hasil dari perpaduan antara Agya dan Ayla.

nama calya di sematkan bukan karena tidak ada alasan, menurut bahasa sansekerta, nama Clya ini bisa di artikan sebagai kesempurnaan, yang bila kita terapkan terhadap sisi nyata, apa yang dibuat oleh Toyota ini merupakan penyempurnaan mobil dari generasi terdahulu, 

Spesifikasi New Toyota Calya

Spesifikasi New Toyota Calya Facelift
Spesifikasi New Toyota Calya Facelift
JenisSmall MPV
Harga MulaiRp 147,35 Juta
Mesin1197 cc
Tenaga87 hp
TransmisiManual
Tempat Duduk7 Kursi

Salah satu mobil MPV termurah di Indonesia adalah Toyota Calya. Mobil ini termasuk kedalam kategori mobil LCGC, sehingga mendapatkan subsidi pajak dari pemerintah Indonesia yang membuat harganya semakin terjangkau.

Kita bisa membelinya dengan harga dibawah 150 Juta Rupiah dan akan mendapatkan tiga baris kursi yang membuatnya cocok dijadikan sebagai mobil keluarga.

Fitur-fiturnya juga lengkap dan didukung mesin bertenaga yang hemat bahan bakar. Dari segi desain juga cukup keren dan bisa disandingkan dengan Compact MPV 7-Seater sekelasnya.

Desain yang stylish dan modern membuat mobil ini semakin laris di Indonesia. Terlebih harga Toyota Calya dibanderol cukup terjangkau, sehingga masyarakat Indonesia tidak ragu membelinya.

Mobil ini bersaing melawan Daihatsu Sigra yang menggunakan platform sama. Spesifikasi keduanya juga tidak berbeda jauh, namun fitur Calya satu tingkat lebih baik, jadi jangan heran apabila harga Toyota Calya sedikit lebih mahal.

Dimensi Toyota Calya

Secara keseluruhan mobil ini memiliki ukuran panjang 4.070 mm, lebar 1.655 mm, dan tinggi 1.600 mm. Jarak antara poros roda depan sampai belakang mencapai 2.525 mm dan memiliki jarak terendah ke tahan 180 mm.

Jaraknya memang tidak terlalu tinggi, jadi jangan sekali-kali berani menerjang banjir menggunakan mobil ini. Selain itu, Toyota Calya memiliki bobot seberat 975 kg, sehingga lebih ringan dibandingkan Toyota Avanza yang sama-sama bersaing di segmen MPV.

✅Read Also :  Spesifikasi Exterior Interiro Fitur & Mesin Honda Freed

Toyota menghadirkan 2 tipe berbeda, yakni tipe E dan Tipe G. Keduanya tersedia dalam varian matic dan manual, jadi total ada 4 tipe Toyota Calya yang beredar di Indonesia.

Nah untuk tipe G telah dilengkapi Fog Lamp dengan desain lekuk bumerang dan percantik ornamen chrome yang terlihat lebih eksklusif. Toyota Calya Tipe G juga memiliki desain lampu belakang yang berkarakter modern dan memberikan tampilan lebih lebar. Sayangnya mobil ini belum menggunakan lampu LED dan tidak ada lampu DRL.

P x L x T4.070 x 1.655 x 1.600 mm
Jarak Poros Roda2.525 mm
Jarak Terendah180 mm
Berat Kosong975 kg
Jumlah Penumpang (max)5
Kapasitas Tangki BBM36 L

Ekstrior Toyota Calya

Exterior New Toyota Calya
Exterior New Toyota Calya

Desain baru yang diterapkan pada mobil LCGC ini memang cukup menarik dan terkesan lebih modern. Betapa tidak, mengusung slogan “Partner ini Times”, model Calya terbaru ini mengusung konsep mobil kekinian yang sangat apik dan berkesan.

Tampak pada wajahnya, Toyota Calya mendapat gubahan berupa lampu depan berteknologi LED yang dibuat lebih agresif khas mobil MPV. Sehingga, selain memberikan tampilan wajah yang anggun, tentunya akan mampu memberikan pencahayaan yang maksimal dan efektif.

Bahkan, tak lupa juga grille Dark Chrome Element yang lebih besar dengan 3 garis disertai logo Toyota di tengahnya membuatnya tampil lebih bersahabat.

Menemani grille depan, mobil ini juga sudah dilengkapi fog lamp dengan bentuk yang sedikit memanjang ke lampu utama yang disematkan pada bagian depan di sisi kanan kiri sebagai fitur lampu fungsional untuk menembus kabut tebal.

Kemudian, di bagian sisi kanan dan kiri, Toyota Calya menerapkan pembaruan yang lebih simple dan tak terlalu signifikan dari versi sebelumnya. Dimana, tampak garis tipis yang melewati handle door hingga belakang.

Tak sampai di situ saja, pada bagian bodi belakang, pembaruan pada mobil ini agaknya tak terlalu berubah banyak. Masih mengusung stoplamp yang membentuk siku disertai wiper tunggal sebagai pembersih kaca belakang.

Meski demikian, tetap saja desain bodi belakangnya tetap lebih terkesan fresh. Tentunya, pembaruan desain eksterior pada spesifikasi Toyota Calya ini akan memberikan kesan tersendiri yang lebih fresh dan cenderung modern dengan konsep mobil keluarga masa kini.

Adjustable HeadlightsYa
Lampu Kabut DepanYa
Kaca spion elektrikTidak
Kaca spion luar manualYa
Wiper Kaca BelakangYa
Washer Kaca BelakangYa
Cover VelgTidak
Velg alloyYa
Antena elektrikYa
Spoiler BelakangYa
Atap Convertible Dapat DilipatTidak
SunroofTidak
Pijakan SampingTidak
Lampu sein kaca Spion LuarYa
Antena TerpaduTidak
Grille KromYa
Garnish KromYa
Tuas Pembuka Tutup BensinYa
Jenis Rem BelakangDrums
Jenis Rem DepanVentilated Discs

Interior Toyota Calya

Interior Toyota Calya
Interior Toyota Calya

Tampaknya, Toyota memang ingin memberikan kenyamanan penuh kepada para penumpang mobil ini. Hal itu tersampaikan melalui konsep pembaruan pada ruang kabinnya yang Mas Sena nilai lebih modern dan fresh.

✅Read Also :  Spesifikasi New Toyota Yaris

Hal itu bisa dilihat dari dasboard multilayer yang mengkombinasikan warna Dark Brown and Black sehingga tampak lebih elegan. Bahkan, pada interior dari Toyota Calya ini pun

sudah disediakan Head Unit di bagian dashboard tengah yang dilengkapi layar sentuh modern guna menampilkan beberapa menu pilihan agar memudahkan penumpangnya dalam mengoperasikan sistem fitur hiburan.

Selain itu, di atas layar sentuh ini juga sudah dilengkapi beberapa menu fitur lain yang kompatibel, seperti iPod/iPhone Connectivity, DVD Player, USB, Bluetooth, dan fitur AUX.

Di samping itu, pada kursi penumpang baris pertama, juga sudah dilengkapi New Under Seta Compartment Tray sebagai ruang penyimpanan guna menyimpan barang secara lebih aman.

Sementara itu, di sektor kursi pengemudi, kini sudah menggunakan setir kemudi baru yang dilengkapi Audio Steering Switch guna memudahkan pengemudi dalam mengatur audio tanpa harus kehilangan fokus saat mengendarai mobil ini.

Di lain sisi, untuk secara keseluruhan pada ruang kabin ini juga sangat menarik. Pasalnya, kali ini Toyota sudah menggunakan pewarnaan kursi Dark Brown yang dibuat dari bahan cukup berkualitas untuk memaksimalkan penumpang ketika menduduki kursi.

Tentu saja, dengan sisi interior atau kabin yang begitu fresh dan modern pada spesifikasi Toyota Calya tersebut maka akan membuat para penumpang semakin betah berlama-lama dalam kabin mobil.

Fitur Kenyamanan

Fitur Toyota Calya
Fitur Toyota Calya
ACYa
Power Window DepanYa
Power Window- BelakangYa
Automatic Climate ControlTidak
Power SteeringYa
PemanasYa
Ventilasi AC BelakangYa
Engine Start Stop ButtonTidak
Adjustable SeatsYa
Kursi Pengemudi Dengan Penyesuai KetinggianYa
Follow Me Home HeadlampsTidak
Power OutletYa
Lingkar kemudi Dengan Tombol Multi FungsiYa
Cruise controlTidak
Kursi Lipat BelakangYa
Pembuka BagasiYa
Lampu Pengingat Jumlah Bahan BakarYa
Headrest Kursi BelakangYa
Arm Rest Belakang TengahTidak
Cup Holder – depanYa
Cup Holder – belakangYa
Bottle HolderYa
Lampu BagasiTidak
Vanity MirrorYa
Meja Lipat BelakangTidak
Keyless EntryYa

Untuk seharunya pada mobil LCGC terbarunya yang mengusung nama Toyota Claya, pihak pengembang melengkapinya dengan fitur immobilizer untuk menghindarkan dari bahaya tangan jahat.

✅Read Also :  Spsifikasi Fitur Dan Harga Toyota Corolla Altis

Lalu ada Dual Arbags, agar para penggemudi dan penumpang di bagian depan memiliki antisipasi kemanan lebih ketika terjadi tumbukan atau kecelakaan dari bagian depan.

Tak lupa, harapan pada bagian interior soal kenyamanan, toyota melengkapinya dengan AC Double Blower, supaya suhu di dalam kabin tetap terjaga dari panasnya terik matahari ketika siang hari, sekaligus membuat udara tetap segar ketika berkendara dalam waktu lama.

Kemudian di sisi hiburan, moga saja toyota berikan head unit yang dapat dikoneksikan dengan blutooth, sehingga dalam penggunaannya bisa langsung dikoneksikan bersama perangkat yang suport dengan konektifitas tersebut.

Mesin Toyota Calya

Tipe Mesin1.2L Petrol Engine, 4 Cylinder 16 Valve DOHC
Kapasita Isi Silinder1,197 cc
Sistem Bahan BakarPGMF-I
Jenis Baban BakarBensin
Daya Maksimum88 PS / 6,000 rpm
Torsi Maksimum11 kgm / 4,200 rpm
TransmisiAutomatic / Manual

Toyota Calya ini bakal gunakan mesin yang sama dengan Etios Valco yakni Mesin tipe 3NR-FE, tapi dengan beberapa perubahan tentunya, karena harus menyesuaikan kapasitas kabin yang muat hingga 7 orang.

Melalui mesin tersebut yang memiliki komposisi 1.2 Liter dengan teknologi Dual VVT-i, nantinya diperkirakan dapat menghasilkan power besar untuk membawa para penggunanya dalam sensasi berkendara yang lain dari pada mobil dikelasnya.

Sedangkan untuk transimsi yang digunakan, dirumorkan toyota calya hanya hadir transmisi otomatis, dan memiliki rasio kompresi dengan perbandingan 11,5 : 1. Dimana untuk akselerasi terasa begitu cepat plus mudah digunakan oleh siapapun.

Mengenai pemakaian bahan bakar, berkat teknologi Dual VVT-i, pemakaian bahan bakar dapat lebih di tekan atau dapat di bilang irit, dan tentunya adanya teknologi demikian, membuatnya lebih ramah terhadap lingkungan, karena bahan bakar terbakar sempurna di dalam ruang mesin.

Selain tipe mesin 1.2L, toyota calya juga bakal di hadirkan dalam versi mesin dibawahnya, yaitu dengan diperkuat mesin 1KR-FE tipe 1.0L, nah di pilihan mesin kedua ini barulah Toyota akan melengkapinya dengan transmisi manual seperti pada Toyota Agya.

Dengan begitu, pengguna memiliki cukup pilihan untuk di sesuaikan kebutuhan dan pastinya budget, karena bila semakin kecil mesin yang digunakan, itu pasti harganya lebih terjangkau serta ramah kantong.

Fitur Keselamatan

Fitur Kenyamanan Toyota Calya
Fitur Kenyamanan Toyota Calya

Toyota Calya dilengkapi dengan sistem keamanan optimal yang memastikan pengalaman berkendara masbro tetap menyenangkan dan aman. Salah satu fitur keamanan yang dimilikinya adalah kunci Immobilzer yang membuat mobil terhindar dari pencurian.

Fitur tersebut dipadukan dengan Anti-Theft System, sehingga keamananan mobil selalu terjaga. Nah yang paling penting Toyota Calya dilengkapi fitur Dual SRS Airbag yang memberikan perlindungan lebih dan memperkecil resiko cider saat kecelakaan.

Airbag Penumpang DepanYa
Airbag Samping DepanTidak
Child Safety LocksYa
Kantong Udara PengemudiYa
Anti Lock Braking SystemYa
Brake AssistYa
EBD (Electronic Brake Distribution)Ya
Vehicle Stability Control SystemYa
Sabuk Pengaman BelakangYa
Pengingat Pemakaian Sabuk PengamanYa
Spion Tengah LipatTidak
Sabuk Pengaman Depan dengan Penyesuai ketinggYa
Sensor ParkirYa
Crash SensorYa
Engine Check WarningYa
Pengukur Tekanan BanTidak
Pelindung Benturan DepanYa
Pelindung Benturan SampingYa
Pengingat Pintu TerbukaYa
Kontrol TraksiTidak

Keamanan

Smart Access Card EntryTidak
Anti Theft DeviceYa
Alarm MobilYa
Engine ImmobilizerYa

Kaki-Kaki

Kemudian untuk bagian kaki-kaki, Toyota Calya menggunakan suspensi depan bertipe MacPherson Strut with Coil Spring and Stabilizer. Lalu untuk bagian belakang memakai Semi Independent Torsion Axle Beam with Coil Spring.

Suspensinya tergolong empuk untuk sebuah mobil 100 Jutaan. Sayangnya harga Toyota Calya yang murah membuatnya masih menggunakan rem belakang tromol dan rem depan cakram (Ventilated Disc). 

Velg Alloy Wheel175/65R14
Ukuran Ban 175/65R14 Two-Tone Machining Alloy
Rem DepanTorsion Beam
Rem BelakangTromol
Suspensi DepanMacPherson Strut
Suspensi BelakangTorsion Beam

Pilihan Warna

untuk pilihan warnanya sendiri Toyota Calya tersedia dalam 7 warna, diantaranya adalah White (Putih), Black (Hitam), Grey Metallic (Abu-abu), Silver Metallic (Silver), Bronze Mica Metallic (Coklat), Red (Merah), Orange Metallic (Oranye)

Harga Toyota Calya

TYPEON THE ROAD
 CALYA 1.2 E STD M/TC  135.350.000
 CALYA 1.2 E M/TC  138.150.000
 CALYA 1.2 G M/TC  143.700.000
 CALYA 1.2 G A/TC  155.700.000

Note 

  • Harga Toyota Calya diatas merupakan harga OTR wilayah Jakarta dan sekitarnya
  • Harga masih dapat berubah sewaktu-waktu

Pertanyaan Costumer / Pembeli Toyota Calya

Berapakah Harga Mobil Toyota Calya?

– Calya 1.2 E STD M/T Rp.  135.350.000
– Calya 1.2 E M/T Rp. 138.150.000
– Calya 1.2 G M/T Rp. 143.700.000
– Calya 1.2 G A/T Rp. 155.700.000

Berapa Kapasitas Mesin Toyota Calya?

Tipe Mesin : 1.2L Petrol Engine, 4 Cylinder 16 Valve DOHC
Kapasita Isi Silinder : 1,197 cc
Sistem Bahan Bakar : PGMF-I
Jenis Baban Bakar : Bensin
Daya Maksimum : 88 PS / 6,000 rpm
Torsi Maksimum : 11 kgm / 4,200 rpm
Transmisi : Automatic / Manual

Apasajakah Pilihan Warna Toyota Calya?

untuk pilihan warnanya sendiri Toyota Calya tersedia dalam 7 warna, diantaranya adalah White (Putih), Black (Hitam), Grey Metallic (Abu-abu), Silver Metallic (Silver), Bronze Mica Metallic (Coklat), Red (Merah), Orange Metallic (Oranye)

Berapakah Dp Dan Angsuran Termurah Calya?

jika tertarik untuk membeli mobil toyota calya bisa juga di beli dengan cara kredit dengan DP minimum yang harus dibayarkan adalah Rp 30,26 Juta dengan cicilan Rp 3,39 Juta untuk jangka waktu (60x) bulan atau 5thn

Show More

Leave a Reply

Back to top button