Bisnis

Pentingnya Pelatihan Bisnis Online Bagi UKM

Beberapa hari yang lalu saya berkesempatan untuk memberikan pelatihan bagi para UKM binaan LPB Jakarta di LPP Smesco, Jakarta.

Senang sekali bertemu dengan para anggota binaan UKM tersebut. Materi yang dibawakan hari itu adalah tentang Facebook Marketing.

Di sela-sela acara saya berbicara dengan para peserta, dan ternyata banyak diantara mereka yang sudah mengadakan pameran bahkan sampai ke luar negeri. Ada yang ke Jerman, Belanda, Jepang dan beberapa negara lainnya.

✅Read Also :  Prospek Bisnis Online Kedepannya Semakin Meningkat

Peserta yang hadir terdiri dari bermacam-macam bidang usaha, mulai dari batik, handy craft, madu, asesoris dan tas kulit, dan kelihatannya mereka antusias sekali mengikuti workshop yang diselenggarakan oleh LPB Jakarta bekerjasama dengan VIMA (Vibiz ICT – Master Academy).

Dan hasil akhir dari pelatihan tersebut, peserta tidak hanya mampu berpromosi secara online melalui media sosial seperti Facebook dan Instagram.

✅Read Also :  Buat Kepercayaan Pelanggan Bisnis Online Anda

Sebenarnya, keinginan para pengusaha UKM untuk belajar berbisnis online cukup besar, dan untuk inilah perlu ada pendampingan atau pelatihan untuk melengkapi mereka merambah pasar melalui online.

Dari sini saya berpikir, kenapa banyak orang berpikir bisnis online itu sepertinya sulit dilakukan, tidak ada waktu mengerjakannya dan berbagai alasan lain yang membuat mereka tidak mau mencoba meluaskan bisnis yang ada melalui online.

✅Read Also :  8 Cara Aman Dalam Bertransaksi Online

Padahal ada banyak keuntungan yang di dapat dengan berbisnis secara online, apalagi bagi mereka yang punya produk sendiri untuk dijual.

Hal ini juga tentu saja perlu mendapatkan dukungan dari berbagai pihak, sehingga para UKM yang tersebar dari Sabang sampai Merauke

mampu bersaing dengan negara-negara lain untuk memasarkan produk-produk andalannya secara online dan menjadi pengusaha-pengusaha mandiri yang sukses.

 

Show More
Back to top button