Bisnis

Jadilah Pengusaha Online, Sekarang! Ini Alasannya

Toko online sangat indentik dengan UMKM, baik dari segi permodalan hingga manajemennya, bedanya hanya medianya saja, yang satu offline yang satu lagi online.

Namun satu hal yang cukup penting adalah belum adanya lembaga yang mewadahi dan mampu melindungi toko online Indonesia.

Untuk komunitas toko / bisnis online sendiri ada beberapa yang sudah terbentuk diharapkan dapat menumbuhkan bisnis online di Indonesia.

Perkembangan toko online di Indonesia sangat luarbiasa, belum lama ini terdengar kabar sebuah pasar swalayan terbesar akan segera tutup.

Sebagai gantinya seorang pengusaha terkenal dikabarkan akan membangun toko swalayan yang akan hadir di setiap kecamatan dengan cara memanfaatkan situs online terbesar miliknya

sebagai online shop yang akan memperkuat toko swalayan di setiap kecamatan dengan layanan antar ke pelanggan hingga ke kecamatan dan bisa sampai desa dilayani.

✅Read Also :  Tips Sebelum Membeli Software

Bila kondisi demikian menjadi kenyataan, maka ini sangat mendukung pebisnis UKM yang banyak kita jumpai sampai ke tingkat kecamatan. Hasil survey data terakhir yang mencatat jumlah toko online di Indonesia sudah meningkat ratusan hingga ribuan persen.

Jadilah Pengusaha Online Sekarang
Jadilah Pengusaha Online Sekarang

Faktor pendukungnya adalah makin banyaknya pengguna internet di Indonesia, kedua adalah makin mudah dan murahnya koneksi internet di Indonesia, ketiga makin banyak pendidikan dan pelatihan pembuatan toko online dengan harga sangat terjangkau.

Pada awal mula toko online di Indonesia bermekaran, krisis ekonomi atau resesi ekonomi global keburu melanda dunia.

Secara tidak langsung resesi ekonomi ini akan berpengaruh terhadap bisnis toko online namun pengaruhnya relatif kecil dan bahkan sangat kecil.

✅Read Also :  Sudah Saatnya Semua Bisnis Berbasis Online

Mengapa bisa seperti itu ? Beberapa keuntungan lain yang didapat dengan memiliki toko online, seperti :

Bisnis toko online sangat fleksibel

Kita dapat menjual apapun di toko online kita tanpa tergantung satu pihak tertentu. Jadi bila ada salah satu produsen yg memasok barang untuk toko online gulung tikar,

kita masih dapat mencari produsen lain, bahkan kalo perlu kita sendiri yang menjadi produsen/pemasok barangnya.

Jangkauan toko online sangat luas, tidak tergantung jarak dan waktu

Semua belahan dunia dapat dijangkau oleh toko online kita. Jadi, semua penduduk di dunia adalah calon-calon pelanggan kita

Dengan begitu toko online kita tidak akan terpengaruh oleh naik turunnya pendapatan penduduk di suatu daerah. Kita langsung dapat mencari pelanggan dari luar negeri.

✅Read Also :  Prospek Bisnis Online Kedepannya Semakin Meningkat

Kita dapat mencari pendapatan lain dari iklan / banner yang dipasang di web kita

Satu iklan / banner bisa kita beri tarif antara 50,000 / bulan hingga 500,000,000 / bulan misalnya. Bahkan ada satu layanan dari Google yang dapat mendatangkan pendapatan dari web dengan menggunakan Google Adsense.

Usaha mikro kecil menengah (UMKM) telah terbukti tahan akan goncangan ekonomi.

Pada krisis moneter 10 tahun yang lalu, ketika banyak perusahaan besar bertumbangan usaha-usaha mikro kecil menengahlah dapat bertahan.

Sudah waktunya pebisnis UKM yang jumlahnya bermekaran di negeri ini memperkuat bisnisnya dengan mulai membangun toko online.

Bagaimana dengan Anda? tertarik menjadi pengusaha online? mulailah dari sekarang!

Show More
Back to top button