Tips

Seperti Ini Cara Kerja Tarik Tunai Tanpa Kartu BRI

Tarik tunai tanpa kartu bri atau cardless adalah salah satu metode penarikan uang tunai dari rekening bank tanpa menggunakan kartu ATM fisik.

Dalam metode ini, nasabah dapat menarik uang tunai menggunakan aplikasi seluler bank, tanpa harus menyertakan kartu fisik.

Seiring dengan perkembangan teknologi dan kemajuan fintech, tarik tunai tanpa kartu semakin populer di kalangan nasabah bank.

Metode ini tidak hanya memudahkan nasabah, tetapi juga lebih aman karena tidak perlu membawa kartu fisik yang dapat hilang atau dicuri.

Beberapa bank di Indonesia sudah menyediakan layanan tarik tunai tanpa kartu, termasuk Bank Rakyat Indonesia (BRI)

Cara Kerja Tarik Tunai Tanpa Kartu BRI

Untuk melakukan tarik tunai tanpa kartu BRI, nasabah harus mengunduh aplikasi BRI Mobile di ponsel mereka. Setelah mengunduh dan menginstal aplikasi,

nasabah harus mendaftarkan rekening mereka dengan memasukkan nomor rekening, nama lengkap, dan tanggal lahir.

Setelah mendaftar, nasabah harus membuat kata sandi dan memasukkan nomor ponsel mereka untuk mendapatkan kode OTP (One Time Password) melalui SMS.

Setelah terdaftar dan masuk ke aplikasi BRI Mobile, nasabah dapat menemukan menu “Tarik Tunai” di layar utama aplikasi.

Nasabah kemudian memasukkan jumlah penarikan tunai yang diinginkan dan memilih ATM BRI yang ingin mereka gunakan.

Setelah memasukkan jumlah penarikan dan memilih ATM, nasabah harus memasukkan kata sandi yang dibuat sebelumnya untuk mengkonfirmasi transaksi.

Setelah konfirmasi, nasabah akan menerima kode unik melalui aplikasi BRI Mobile yang harus dimasukkan ke ATM BRI untuk menyelesaikan transaksi. Nasabah kemudian dapat menarik uang tunai di ATM BRI yang dipilih menggunakan kode unik tersebut.

Keuntungan Menggunakan Cara Tarik Tunai Tanpa Kartu Bri

Cara Tarik Tunai Tanpa Kartu BRI
Cara Tarik Tunai Tanpa Kartu BRI

adapun menawarkan berbagai keuntungan bagi nasabah bank, antara lain:

Kemudahan dan Kecepatan

Nasabah hanya perlu mengunduh aplikasi BRI Mobile, mendaftar, dan memasukkan jumlah penarikan tunai yang diinginkan. Setelah konfirmasi, nasabah dapat segera menarik uang tunai di ATM BRI tanpa perlu menunggu waktu lama seperti pada transaksi dengan kartu ATM fisik.

Keamanan

BRI Cardless lebih aman daripada tarik tunai dengan kartu fisik atau dengan kartu. Dalam tarik tunai dengan kartu fisik, nasabah harus membawa kartu fisik dan memasukkan PIN ATM, yang dapat membahayakan keamanan nasabah jika kartu tersebut hilang atau dicuri. Dalam tarik tanpa kartu, nasabah hanya memasukkan kata sandi dalam aplikasi BRI Mobile dan kode unik di ATM BRI, sehingga risiko keamanan dapat ditekan.

✅Baca Juga :  Pcare BPJS Membawa Revolusi Dalam Pelayanan Kesehatan

Tanpa Biaya

tidak memerlukan biaya tambahan. Nasabah hanya dikenakan biaya tarik tunai seperti biasa. Dalam hal ini, biaya tarik tunai di ATM BRI adalah Rp 6.500 per transaksi. Jadi, nasabah tidak perlu membayar biaya tambahan untuk menggunakan layanan tarik tunai tanpa kartu.

Tersedia 24 Jam

Layanan cardless bri tersedia selama 24 jam sehari dan 7 hari seminggu. Oleh karena itu, nasabah dapat menarik uang tunai kapan saja dan di mana saja, tanpa harus khawatir dengan waktu operasional bank atau mesin ATM.

Lebih Fleksibel

Cardless BRI memungkinkan nasabah untuk menarik uang tunai dari rekening bank mereka meskipun mereka tidak membawa kartu ATM fisik. Hal ini membuat transaksi menjadi lebih fleksibel dan mudah, terutama jika kartu ATM fisik hilang atau rusak.

Kontrol Pengeluaran

Dalam hal ini nasabah hanya dapat menarik uang tunai dalam jumlah yang mereka inginkan. Hal ini dapat membantu nasabah dalam mengontrol pengeluaran mereka. Selain itu, transaksi tarik tunai tanpa kartu juga dapat dilakukan dengan cepat dan mudah, sehingga nasabah tidak perlu khawatir kehabisan uang tunai saat sedang dalam perjalanan atau dalam keadaan darurat.

Langkah Cara Tarik Tunai Tanpa Kartu BRI

Cara Tarik Tanpa Kartu BRI Nasabah dapat melakukan dengan menggunakan fitur BRI Mobile. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Unduh aplikasi BRI Mobile dari App Store atau Google Play Store.
  • Setelah berhasil mengunduh dan menginstal aplikasi, buka aplikasi BRI Mobile.
  • Masukkan nomor handphone yang terdaftar di bank BRI dan pilih “Lanjutkan”.
  • Masukkan PIN BRI Mobile yang telah Anda buat sebelumnya.
  • Setelah berhasil masuk ke akun BRI Mobile, pilih menu “Tarik Tunai” di halaman utama aplikasi.
  • Masukkan jumlah uang yang ingin Anda tarik tunai dan pilih rekening tabungan atau giro yang akan diambil uangnya.
  • Pilih waktu penarikan dan lokasi ATM BRI yang akan digunakan untuk penarikan uang tunai.
  • Setelah itu, Anda akan menerima kode transaksi yang harus diingat atau dicatat untuk menarik uang tunai di ATM BRI.
  • Pergilah ke salah satu ATM BRI yang Anda pilih, masukkan kode transaksi, dan ikuti instruksi di layar ATM untuk menyelesaikan transaksi.
✅Baca Juga :  Maksimalkan PC Tablet Dengan Cara Seperti Ini

Kesimpulan

BRI  menawarkan berbagai keuntungan bagi nasabah bank, terutama dalam hal kemudahan, kecepatan, keamanan, dan fleksibilitas. Meskipun demikian, nasabah perlu memperhatikan beberapa keterbatasan dalam penggunaan layanan ini, seperti batas penarikan uang tunai dan jumlah transaksi yang dibatasi. Selain itu, nasabah juga perlu memastikan bahwa ponsel mereka sel

FAQ Nasabah Tarik BRI

Berikut adalah 5 pertanyaan yang sering diajukan tentang cardless BRI:

Bagaimana cara mengaktifkan layanan tarik tunai tanpa kartu BRI?

Untuk mengaktifkan layanan tarik tanpa kartu BRI, nasabah harus memiliki aplikasi BRI Mobile terlebih dahulu. Setelah mengunduh dan memasang aplikasi, nasabah dapat mendaftar dan membuat akun. Selanjutnya, nasabah perlu melakukan verifikasi akun dengan mengunjungi cabang BRI terdekat dan meminta nomor registrasi e-banking. Setelah akun terverifikasi, nasabah dapat mengaktifkan layanan tarik tanpa kartu melalui menu pada aplikasi BRI Mobile.

Apa yang harus dilakukan jika terjadi kesalahan saat melakukan transaksi tarik tanpa kartu BRI?

Jika terjadi kesalahan saat melakukan transaksi tarik tanpa kartu BRI, nasabah dapat menghubungi call center BRI di nomor 14017 untuk meminta bantuan. Nasabah juga dapat mengunjungi cabang BRI terdekat untuk mendapatkan bantuan langsung dari petugas bank.

Apakah ada batasan jumlah penarikan tunai dalam satu hari pada tarik tunai tanpa kartu BRI?

Ya, ada batasan jumlah penarikan dalam satu hari pada tarik tanpa kartu BRI. Saat ini, nasabah hanya dapat menarik uang tunai hingga maksimum Rp 3 juta per hari menggunakan layanan ini.

Apakah nasabah tetap dapat mengecek saldo rekening mereka setelah melakukan tarik tunai?

Ya, nasabah tetap dapat mengecek saldo rekening mereka setelah melakukan tarik tunai tanpa kartu BRI. Setelah melakukan transaksi, aplikasi BRI Mobile akan menampilkan informasi terkait saldo rekening nasabah.

Apakah layanan tarik tunai tanpa kartu dapat digunakan di semua mesin ATM BRI?

Ya, layanan tarik tanpa kartu BRI dapat digunakan di seluruh mesin ATM BRI yang memiliki fitur “Tarik Tanpa Kartu”. Namun, sebelum melakukan transaksi, pastikan bahwa mesin ATM BRI tersebut sudah memiliki fitur tersebut dengan melihat tanda “Tarik Tunai Tanpa Kartu” pada mesin ATM tersebut.

Related Articles